Tue. Jun 18th, 2024

Saat ini gerakan menjaga kesehatan mental sedang gencar-gencarnya dilakukan mengingat banyaknya anak muda yang mengalami masalah mental health. Mengapa kesehatan mental itu penting dan harus dijaga?

Menjaga mental tetap stabil itu sangat penting karena dapat mempengaruhi cara berpikir, bertindak, dan respon seseorang terhadap suatu hal. Kesehatan mental yang terganggu akan membuat seseorang mengalami konflik batin dan stres berkepanjangan. Jika ingin mental Anda tetap stabil coba lakukan beberapa cara ini!

5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Sebenarnya masalah kesehatan mental kategori ringan bisa diatasi secara mandiri, salah satunya dengan belajar mencintai diri sendiri. Kebanyakan orang yang mengalami masalah mental health biasanya lebih fokus pada omongan orang dibanding pendapatnya sendiri. Jika mengalaminya coba lakukan cara sederhana berikut untuk menstabilkan mental:

  • Istirahat yang Cukup

    Jika ingin memiliki mental yang stabil Anda harus istirahat yang cukup selama 7 – 8 jam per hari. Menurut penelitian, orang yang kurang tidur umumnya memiliki mood yang buruk sehingga berdampak negatif pada kondisi mentalnya.
    Ini karena otak tidak bisa berfungsi secara normal sehingga reaktivitas amigdala atau pusat emosi otak tidak bisa dikendalikan dengan baik. Kondisi ini akan membuat seseorang lebih mudah stres bahkan hanya gara-gara hal sepele.
  • Menjaga Pola Makan

    Selain kualitas tidur, asupan makanan juga bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Agar mental tetap stabil sebaiknya tingkatkan asupan asam lemak omega-3. Kandungan nutrisi ini biasanya banyak ditemukan pada ikan salmon dan kacang-kacangan.
    Asam lemak omega-3 dapat masuk ke bagian otak dan mengatur suasana hati melalui membran sel. Orang yang mendapat asupan omega-3 yang cukup biasanya tidak mudah stres karena nutrisi ini dapat memperbaiki suasana hati.
  • Olahraga Teratur

    Manfaatkan waktu luang Anda untuk berolahraga karena kegiatan ini punya banyak manfaat. Selain bagus untuk menjaga kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk menjaga kestabilan mental.
    Jika tidak biasa melakukan olahraga berat coba mulai latihan tubuh Anda dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, senam, bersepeda, dan lainnya.
    Melakukan olahraga secara rutin bisa merangsang otak melepaskan endorfin, yaitu semacam zat kimia yang bisa membuat seseorang merasa bahagia. Dengan berolahraga Anda bisa lebih bahagia dan berat badan pun dapat terkontrol.
  • Melakukan Meditasi

    Mengapa meditasi penting untuk kesehatan mental? Karena melalui meditasi Anda bisa memusatkan perhatian dan menjernihkan pikiran. Dengan begitu, kondisi mental akan tetap stabil karena pikiran menjadi lebih tenang.
    Agar lebih rileks, lakukan latihan pernapasan sembari bermeditasi, menurut penelitian kombinasi ini bisa mengatur kinerja saraf di bagian otak yang disebut kompleks pre-Botzinger. Bagian saraf ini berguna untuk mengatur sistem pernapasan dan memberi sinyal pada tubuh untuk mengontrol rasa cemas.
  • Hindari Makanan dan Minuman Berkafein

    Sebenarnya mengonsumsi minuman berkafein tidak dilarang tapi Anda harus membatasinya. Ini karena zat kafein bisa meningkatkan rasa cemas dan stres. Masing-masing orang memiliki batas toleransi yang berbeda-beda dalam menyerap zat ini.
    Jika sering berdebar-debar setelah mengonsumsi kopi atau teh, sebaiknya segera kurangi asupan zat tersebut. Jika tidak kemungkinan mood Anda akan berantakan dan merasa lebih mudah stres.

Walaupun cara-cara di atas terlihat sederhana, sebenarnya mereka cukup berpengaruh pada kondisi mental! Dengan menerapkan hal-hal di atas Anda bisa memiliki mood yang lebih baik dari biasanya.
Menjaga kesehatan mental harus dimulai dari sekarang bahkan semakin cepat semakin baik agar Anda dapat memiliki kondisi psikis yang kuat. Dengan begitu, Anda bisa menghadapi berbagai masalah tanpa rasa cemas dan stres yang berlebihan!