Dampak Positif dan Negatif Dari Bermain Mobile Legends

mobile legends
Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mendownload aplikasi game bergenre MOBA yang saat ini sedang populer seperti Mobile Legends dari developer Moonton. Moonton didirikan oleh Justin Yuan pada tahun 2014 dan merilis game Mobile Legends pada tahun 2016, game moonton ini tak hanya sukses di Indonesia, tetapi hampir di penjuru dunia. Maraknya player game Mobile legends ini pada awal pandemi covid-19 pada tahun 2020, sehingga banyak orang yang menghabiskan waktu dirumah dengan bermain Mobile Legends tersebut.

Game MOBA sangat populer di kalangan masyarakat khususnya remaja, Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA paling banyak yang dimainkan diantara game MOBA lain. Game yang dimainkan dengan 10 player dan dibagi menjadi 2 tim, tujuan dari game ini adalah untuk menghancurkan base lawan untuk menjadi pemenangan permainan tersebut. Di dalam MOBA ini terdapat hero dengan karakter unik dan memiliki tipe yang berbeda-beda. Sehingga game MOBA sangat menarik perhatian pemain, jadi tak heran mengapa game ini sudah diunduh +500 kali di Playstore.

Mobile Legends adalah salah satu game mobile yang bergengsi karena seringnya menyelenggarakan turnamen berkelas khususnya di Asia serta juga mendorong dunia E-Sports di Indonesia seperti Evos, Rrq, Onic, Aura, dan lainnya. Dengan adanya E-Sport akan bisa memberikan dorongan kepada pemain Mobile Legends yang dijadikan sebagai penutan bahwa menjadi seorang pro player tidaklah mudah dan butuh membutuhkan banyak proses serta faktor yang mereka alami. Namun hal yang perlu Anda ketahui adalah bermain Mobile Legends akan dampak baik dan buruknya.

Dampak Negatif Bermain Mobile Legends

Dampak Negatif Bermain Mobile Legends dan Bahaya Untuk Anak-Anak.

  • Menurunnya Kesehatan

Bermain Mobile Legends biasanya player bisa menghabiskan waktu antara 15-20 menit di setiap pertandingannya. Biasa para player akan lebih sering bermain untuk push rank agar rank yang dimiliki naik lebih tinggi. Semakin tinggi rank seseorang, maka akan terlihat lebih keren dan dianggap sebagai pro player di mata pemain lain. Karena Mobile Legends bisa membuat para pemainnya kecanduan dan akan lebih menghabiskan waktu untuk bermain game MOBA ini bahkan bisa membuat jam tidur yang tak teratur. Tentu ini adalah hal yang akan membuat kesehatan tubuh menurun, apalagi radiasi layar smartphone yang ditimbulkan akan bisa membuat kesehatan mata berkurang.

  • Menjadi Tipe Yang Emosional

Bermain MOBA ini tentu bisa membuat pemainnya menjadi emosional, hal ini yang yang akan sering kalian temukan seperti player toxic karena banyaknya pemain mudah emosi apabila tim nya bermain tidak teratur, pemain afk bahkan lainnya. Sehingga player toxic ini pun akan bermain dengan berbicara yang kurang pantas bahkan pemain tipe ini juga tak ragu untuk meninggalkan permainan yang sedang berjalan dengan sengaja untuk membuat tim menjadi kalah. Tentu ini adalah hal yang tidak bagus bagi pemain, karena pemain bisa saja menjadi orang yang tempramental.

  • Bermalas Malasan

Dampak negatif selanjutnya adalah para player kan lebih sering bermalas-malasan dan akan lebih mementingkan bermaina Mobile Legends dari pada tugas yang ada. Tentu ini adalah hal yang merugikan Anda apabila memiliki tugas yang penting seperti tugas dari sekolah atau lain yang tidak selesai di kerjakan karena akibat dari bermain game Mobile Legends satu ini.

  • Menghabiskan Uang

Dampak negatif terakhir adalah bermain Mobile Legends akan membuat kita lebih boros, tentu Anda akan lebih cenderung menghabiskan hanya untuk melakukan Top Up diamond pada game MOBA ini. Sebenarnya tak hanya game MOBA saja, masalah satu ini juga mungkin akan sering kita temukan pada game lain yang membuat Anda tertarik untuk membeli sebuah item dalam permainan agar bisa lebih menarik.

Dampak Positif Bermain Mobile Legends

Mobile Legends, mlbb, RRQ Hoshi vs Bigetron Alpha, MPL ID S10

Setelah sebelumnya kita membahas dampak negatif dari bermain game Mobile Legends, pada kali ini kami akan membahas tentang dampak positif dari bermain Mobile Legends. Lalu dampak positif apa saja yang bisa di dapatkan dari bermain Mobile Legends? Let’s go!

  • Melatih Kerjasama Dalam Tim

Dampak positif pertama dari bermain Mobile Legends adalah para pemain bisa lebih kompak dalam tim dan melatih komunikasi yang akan bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kerjasama tim akan bisa mengatur strategi untuk kebutuhan kerja kelompok, kerja dan lainnya.

  • Melatih Otak

Saat Bermain Mobile Legends, pemain harus bisa berpikir secara cepat untuk bisa memutuskan keputusan yang akan diambi. Khususnya saat permainan sedang berjalan. Keputusan cepat dan benar tentu akan bisa membantu tim dalam memenangkan pertandingan. Dalam hal ini, bermain Mobile Legends dapat membantu otak Anda semakin tajam untuk berpikir kritis. Apalagi jika Anda sering bermain Mobile Legends ini, tentu otak Anda akan semakin kritis terhadap berbagai hal. Berpikir kritis sangatlah bagus dalam kehidupan, karena pemain bisa menganalisa berbagai permasalah di kehidupan sehari-hari

  • Bisa Menghasilkan Uang

Dampak positif satu ini adalah yang paling diincar oleh hampir semua player Mobile Legends maupun gamers lainnya. Sebab selain bermain untuk mengisi waktu luang, bermain Mobile Legends juga akan bisa menghasilkan uang, seperti saat ini bermain game sudah bukan lagi hanya untuk bersenang-senang tetapi player juga akan bisa memanfaatkan game Mobile Legends untuk ditampilkan menjadi seorang konten kepada masyarakat. Sekarang ini banyak sekali gamers yang membuat konten di platform Youtube, Facebook, Tiktok dan lainnya yang berfolus pada Mobile Legends.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *