Tue. Jun 18th, 2024

Mengetahui cara menurunkan gula darah merupakan hal yang penting, terutama pada individu yang berisiko terkena penyakit kencing manis. Tujuannya agar kada glukosa darah dapat terkontrol, sehingga Anda bisa mencegah risiko penyakit gula sejak dini.

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah pada tubuh disertai berbagai gejala. Penderita diabetes kerap kali akan merasa mudah lapar, mudah haus, penurunan berat badan tanpa penyebab jelas serta sering buang air kecil.

Para pasien diabetes harus memperhatikan tingkatan gula dalam darah yang bisa dilakukan menggunakan cara-cara alami. Dengan menggunakan cara alami tersebut diharapkan bisa meminimalkan buruknya keadaan seseorang akibat penyakit tersebut.

Cara Membuat Kadar Gula Darah Menjadi Stabil Secara Mudah dan Alami

Ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengontrol kadar gula didalam darah baik dari pola hidup hingga makanan dan minuman dikonsumsi. Berikut beberapa cara alami yang sangat mudah diterapkan sehingga tidak memakan waktu, tenaga dan pikiran bagi para penderita diabetes.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

    Menurut penelitian para penderita penyakit satu ini sering kali mengalami permasalahan tidur serta sulit mengendalikannya. Hal ini disebabkan tingginya kadar gula darah sehingga tidak bisa beristirahat dengan tenang baik siang maupun malam hari.

    Maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mulai menerapkan pola hidup sehat serta pola istirahat. Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi dengan lebih banyak makan buah dan sayur yang diolah secara sehat.

    Juga memperhatikan pola istirahat setiap harinya seperti minimal tidur pada malam hari 7 jam serta tidak bergadang. Jika tubuh maupun otak sudah terasa sangat lelah ambil waktu istirahat agar bisa lebih rileks untuk beraktivitas kembali.

  2. Ganti Pemanis Buatan dengan Pemanis Alami

    Saat ini ada banyak jenis minuman dengan berbagai tambahan pemanis buatan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Apalagi diminum oleh penderita kadar gula darah tinggi tentu akan semakin memperburuk keadaan.

    Maka sebaiknya bijak dalam memilih minuman yang dikonsumsi terutama jangan terlalu sering menggunakan pemanis buatan. Lebih baik jika Anda membuat minuman sendiri dengan menggunakan pemanis alami sehingga lebih menyehatkan.

    Meskipun sudah menggunakan pemanis alami namun segala sesuatu jangan terlalu berlebihan untuk dikonsumsi. Tubuh juga membutuhkan gula namun konsumsi secukupnya saja agar bisa menambah energi tubuh secara alami.

  3. Konsumsi Nasi Dingin

    Mitos tidak boleh makan nasi putih padahal dari segi rasa tentu jauh berbeda antara nasi putih dengan jenis nasi lain begitupun terkait kebiasaan.

    Jangan khawatir karena Anda bisa memilih makan nasi dalam keadaan dingin dan hal ini banyak dibuktikan para penderita diabetes. Ketika baru selesai dimasak sebaiknya jangan langsung dimakan namun harus didinginkan terlebih dahulu beberapa saat.

    Mengonsumsi makanan dingin juga membuat Anda lebih bisa menikmati makanan tersebut dengan lebih santai. Selain itu turut serta membantu menjaga kadar gula darah agar selalu dalam keadaan stabil dan juga normal.

  4. Konsumsi Zat Pati Resisten

    Zat pati resisten adalaah sebuah pati yang tidak mudah dipecah maupun dicerna oleh enzim amilase sehingga lebih lambat dan tidak menghasilkan glukosa. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh para pasien diabetes agar tidak banyak mengonsumsi gula dalam tubuh.

    Ada cara mudah untuk bisa mendapatkan zat pati resisten seperti menyimpan nasi matang dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius selama 24 jam. Ketika Anda akan mengonsumsi nasi tersebut maka bisa dihangatkan terlebih dahulu baru dimakan.

  5. Konsumsi Air Putih Minimal 2 Liter

    Cara lain menstabilkan kadar gula darah pada tubuh yaitu dengan mengonsumsi air putih sebanyak minimal 2 liter. Hal ini dikarenakan tidak ada perbedaan terkait jumlah cairan yang dibutuhkan antara penderita diabetes dengan lainnya.

    Bagi Anda ketika tidak terbiasa minum banyak mungkin akan terasa berat maka bisa minum sedikit demi sedikit minimal 8 gelas per hari. Jika sudah terbiasa hal ini bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh secara alami.

  6. Olahraga dan Relaksasi Diri

    Sebenarnya tidak ada aturan khusus terkait olahraga apa yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes berbagai tingkat. Maka Anda bisa memilih jenis olahraga sesuai keinginan dan bebas menentukan sendiri cara berolahraga terbaik untuk diri sendiri.

    Rekomendasi olahraga untuk menjaga kadar gula darah adalah dengan berenang dan untuk relaksasi maka yoga. Kedua jenis olahraga ini tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat namun juga lebih fit ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

    Kebiasaan berolahraga secara langsung akan berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental sehingga direkomendasikan untuk dilakukan setiap harinya.

  7. Konsultasi Bersama Ahli Gizi

    Dari penjelasan berbagai cara diatas ternyata masih membuat Anda belum merasa puas maka bisa bertanya langsung ke ahlinya. Seperti berkonsultasi dengan ahli gizi yang benar-benar profesional dalam bidang ini sehingga bisa memberikan hasil lebih maksimal.

    Tujuan lain dari konsultasi dengan ahli adalah untuk memberikan nutrisi tambahan kepada para penderita. Jika Anda sudah terbiasa menerapkan gaya hidup sehat maka kadar gula darah agar selalu dalam keadaan normal.